Rabu, 02 November 2011

peluang bisnis aquascape

Peluang Usaha dan Bisnis Aquascape

Peluang Usaha dan Bisnis AquascapeKebanyakan dari kita pasti pernah melihat sebuah aquarium. Nah, bagaimana bila memang aquarium tersebut ditata dengan rapi baik tanamannya maupun ikan-ikannya? Pasti akan menambah daya tarik dari aquarium tersebut bukan? Bagi para penggemar ikan dengan tanaman di aqurium ini maka istilah aquascaping bukanlah hal yang asing. Bahkan menurut sebuah survey ternyata aquascaping adalah hobi kedua yang paling banyak diminati di dunia setelah fotografi. Saat ini di seluruh dunia tersebar jutaan aquarium dan jumlahnya terus bertambah termasuk di Indonesia.
Jenis aquascaping ini juga dibagi menjadi dua yakni air tawar dan air laut. Menurut pengalaman pribadi, jenis aquascaping yang kedua ternyata jauh lebih sulit dibandingkan yang pertama. Namun walaupun demikian jenis aquascaping air tawarpun membutuhkan waktu untuk mempelajarinya hingga dapat menghasilkan sebuah aquarium dengan miniatur ekosistem yang sesuai dengan keinginan.
Saat ini sudah banyak informasi dalam bahasa Indonesia yang dapat kita peroleh lewat internet atau buku panduan untuk mempelajari aquascaping ini bahkan sudah ada forum online dimana kita dapat memperoleh banyak informasi seputar aquascaping ini.
Ada tiga jenis peluang usaha dan bisnis yang bisa digarap dari hobi ini. Pertama, jasa set up aquasscape, yaitu menjual produk jadi mulai dari desain, pemilihan jenis tanaman dan ikannya, sampai pemasangan di aquarium. Yang kedua adalah budidaya ikan dan tanamannya. Ketiga adalah dengan menjual ikan, tanaman, peralatan, dan pakan.
Konsumen dari bisnis aquascape ini datang dari bisa datang dari rumah pribadi, restoran maupun perkantoran. Namun biasanya konsumen yang datang dari perkantoran atau restoran tidak terlalu mempermasalahkan biaya yang harus dikeluarkan sejauh hasil yang diperoleh juga memuaskan.
“Dengan kisaran harga Rp 500 ribu hingga Rp 8 juta, customer sudah bisa memperoleh 1 set aquarium” demikian tutur Adji Mukti, sarjana lulusan Institut Pertanian Bogor, yang mencium peluang usaha dan bisnis aquascape ini dan mendirikan konsultan jasa set up aquascaping.
Sejalan dengan gairah masyarakat yang semakin menghargai estetika dalam seni bangunan, sekarang semakin banyak orang menggunakan jasa arsitek untuk mendapat desain rumah yang indah. Dekorasi mendapat perhatian yang besar dan aquarium dapat menjadi salah satu pilihannya.
Anda tertarik untuk mencoba peluang usaha dan bisnis ini? Hitung-hitung kita memanfaatkan peluang usaha sambil menekuni hobi…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar